reds_ynwa

Loading...

Rabu, 23 Juni 2010

TUMBUHAN HIJAU


TUJUAN
1. Memahami Cara Tumbuhan Membuat Makanannya Sendiri
2. Memahami Fungsi Tumbuhan Sebagai Sumber Makanan Bagi Manusia dan Hewan

Tumbuhan hijau artinya tumbuhan yang mempunyai zat hijau daun atau klorofil. Disebut zat hijau daun karena zat itu berwarna hijau.
Ada beberapa tumbuhan yang daunnya berwarna bukan hijau, ada yang berwarna merah, kuning atau warna lainnya, tetapi daun-daun tersebut mengandung klorofil, hanya saja tidak terihat karena tertutup oleh zat warna daun tadi yang berwarna merah, kuning ataupun warna lainnya.

A. CARA TUMBUHAN HIJAU MEMBUAT MAKANAN
Tumbuhan mempunyai klorofil. Dengan adanya klorofil inilah tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri. Proses membuat makanan ini disebut proses fotosintesis.
Foto artinya cahaya, sintesis artinya pembentukan. Jadi, fotosintesis adalah proses pembentukan makanan pada tumbuhan yang memiliki klorofil dengan bantuan cahaya matahari



1. Proses Tumbuhan Hijau Membuat Makanan Sendiri
Dalam proses fotosintesis, tumbuhan memerlukan cahaya matahari, air, dan karbodioksida. Tumbuhan menyerap air dari dalam tanah melalui akar. Dari akar, air disalurkan/dibawa ke daun melalui pembuluh batang kayu. Pada daun, mulut daun menyerap karbodioksida dari udara. Maka, terjadilah proses pembentukan makanan pada tumbuhan hijau yang terjadi di dalam daun dengan bantuan cahaya matahari. Hasil dari fotosintesis adalah karbohidrat dan oksigen.

2. Tempat Tumbuhan Menyimpan Cadangan Makanan
Salah satu hasil dari fotosintesis adalah karbohidrat. Karbohidrat ini digunakan oleh tumbuhan untuk keperluan tumbuh. Tetapi tidak semua karbohidrat dihabiskan untuk keperluan tubuhnya, sebagian karbohidrat disimpan sebagai cadangan makanan.
Pada umumnya, tumbuhan menyimpan cadangan makanannya pada buah, batang umbi dan daun.


Glukosa yang merupakan zat makanan hasil fotosintesis, selain digunakan untuk tumbuh dan berkembang biak juga disimpan sebagai timbunan makanan. Sebagian besar bagian tumbuhan yang kita makan merupakan timbunan makanan dari tumbuhan tersebut.
Setiap tumbuhan memiliki tempat menyimpan timbunan makanan yang berbeda-beda. Ada tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan pada akar, batang, ataupun buah. Berdasarkan tempat menyimpan timbunan makanannya, tumbuhan dikelompokkan menjadi empat, yaitu:

a. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan di dalam umbi
Umbi adalah akar atau batang yang mengembung dan berisi timbunan makanan. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya dalam bentuk umbi ada dua jenis, yaitu umbi akar dan umbi batang. Yang menyimpan cadangan makanan pada umbi akar dapat dilihat dengan membesarnya bagian akar. Contohnya singkong. Tumbuhan yang timbunan makanannya disimpan di dalam umbi di antaranya adalah kentang, singkong, dan ubi jalar.


Sedangkan yang menyimpan cadangan makanan di batang dapat dilihat dengan membesarnya batang yang tertanam di dalam tanah. Contohnya wortel.

b. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanannya di dalam buah
Buah-buahan yang kita makan sehari-hari, seperti mangga, pepaya, apel, dan jeruk merupakan timbunan makanan. Timbunan makanan tersebut disimpan oleh tumbuhan di dalam buah.


Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya dalam bentuk buah, biasanya dapat dilihat dengan adanya buah yang semakin lama semakin membesar. Buah ini biasanya, bentuk dan warna buahnya yang masih muda/mentah dengan buah yang telah tua/matang sangat berbeda.

c. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan di dalam biji
Kacang hijau, kacang tanah, dan kacang kedelai merupakan kelompok tumbuhan yang meyimpan timbunan makanannya di dalam biji.


d. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan di dalam batang
Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya dalam bentuk batang, dapat dilihat pada bagian dalam batangnya berbentuk serat dan banyak mengandung air. Kamu mungkin pernah memakan batang tebu yang rasanya manis dan segar. Tumbuhan tebu dan sagu merupakan kelompok tumbuhan yang menyimpan timbunan makanannya di dalam batang.


B. TUMBUHAN HIJAU SEBAGAI SUMBER MAKANAN BAGI MANUSIA DAN HEWAN
Proses fotosintesis menghasilkan makanan bagi tumbuhan. Makanan ini sebagian digunakan oleh tumbuhan itu sendiri dan sisanya dibawa ke bagian tubuh lain. Manusia dan hewan secara langsung ataupun tidak langsung bergantung pada tumbuhan hijau untuk memperoleh makanan. Daun, batang, buah, biji, dan umbi merupakan bagian dari tumbuhan yang digunakan sebagai sumber makanan bagi manusia dan hewan.Beberapa bagian tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan makanan baik yang langsung dimakan ataupun dimasak terlebih dahulu di antaranya adalah akar, batang, daun, buah, bunga, dan biji.

1. Akar
Akar merupakan bagian pada tumbuhan yang tumbuh di dalam tanah. Air dan mineral yang dibutuhkan oleh tumbuhan diserap oleh akar dari dalam tanah. Tumbuhan yang akarnya dijadikan bahan makanan, contohnya adalah singkong, wortel, bengkoang, dan lobak.



2. Batang
Selain akar, pada bebrapa tumbuhan batang dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan batangnya sebagai bahan makanan adalah tebu, sagu, dan enau. Pada beberapa tumbuhan bagian batangnya ada yang berubah fungsi menjadi umbi batang, contohnya kentang dan ubi jalar.

3. Daun
Ibumu mungkin pernah membuat sayur kangkung atau bayam. Bayam dan kangkung merupakan tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya sebagai bahan makanan. Selain bayam dan kangkung, tumbuhan lain yang juga dimanfaatkan daunnya sebagai bahan makanan adalah melinjo dan selada.



4. Buah
Jeruk, apel, mangga, pepaya, dan pisang merupakan jenis tumbuhan yang buahnya dapat langsung dimakan oleh kita tanpa harus diolah terlebih dahulu.Namun demikian, beberapa jenis tumbuhan lain yang dimanfaatkan buahnya sebagai bahan makanan tidak dapat dimakan langsung, seperti terong dan labusiem.

5. Bunga
Tumbuhan yang bunganya dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan antara lain adalah kol atau kubis dan bawang. Di dalam bunga banyak terkandung mineral dan vitamin.

6. Biji
Nasi yang berasal dari beras merupakan makanan pokok yang sehari-hari kita makan. Selain itu, di Indonesia makanan pokok lainnya adalah jagung dan gandum. Beras, jagung, dan gandum merupakan biji-bijianyang merupakan sumber karbohidrat. Tumbuhan lain yang bijinya dimanfaatkan sebagai bahan makanan adalah kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang panjang.



1. Bagian-bagian tumbuhan sebagai bahan makanan
Untuk mempermudah memahami pemanfaatan bagian-bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan, coba perhatikan tabel di bawah ini!

No.

Nama Tumbuhan

Bagian yang Dimanfaatkan

Pemanfaatannya

1.

Pepaya

Buah

Dimakan begitu saja jika sudah matang; dijadikan jus, dodol, rujak, disayur



Daun

Dijadikan sayur

2.

Kankung

Batang dan daun

Dijadikan pecel, gado-gado, sayur, dll

3.

Singkong

Daun

Dijadikan sayur, untuk makan ternak terutama kambing



Umbi akar

Dijadikan keripik, peuyeum/tape, makanan khas daerah

4.

Padi

Biji

Dimasak menjadi nasi, dijadikan tepung

5.

Pisang

Buah

Dijadikan keripik.



Daun

Pembungkus makanan (lontong), Untuk makanan ternak


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar